obat metformin untuk penderita diabetes

Seberapa Efektifkah Obat Metformin untuk Penurunan Berat Badan?

Obat metformin merupakan jenis obat yang mungkin pertama kali direkomendasikan oleh dokter untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2. Obat ini telah terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan membantu kinerja hormon insulin lebih baik lagi di dalam tubuh. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa obat metformin dapat membantu penurunan berat badan. Apakah obat ini benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan? Yuk, simak di bawah ini!

Alasan obat metformin untuk turun berat badan

Dilansir dari WebMD, ada pula beberapa penelitian yang menghasilkan penurunan berat badan pada orang yang mengonsumsi obat metformin. Hasil tersebut memang berbeda dengan kebanyakan penelitian yang ada, di mana menghasilkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, obat metformin dapat membantu mencegah diabetes pada orang yang overweight atau obesitas dan berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2. Namun ingat, obat metformin tidak dianggap sebagai pil penurun berat badan.

Cara kerja obat metformin

Begitu obat metformin dikonsumsi, obat ini mulai bekerja di usus. Para ahli meyakini obat metformin dapat mengubah keseimbangan bakteri alami dalam sistem pencernaan dan mengaktifkan enzim spesifik yang membantu tubuh menggunakan lemak lebih efektif.

Melihat kerja obat metformin dengan mengubah keseimbangan bakteri di usus, sehingga timbullah masalah pencernaan sebagai efek samping yang umum terjadi. Teori pertama muncul dari masalah pencernaan yang terjadi berupa sakit perut, sehingga menyebabkan kehilangan nafsu makan. Akibatnya, makan pun jadi lebih sedikit. Bisa pula, masalah pencernaan lainnya adalah diare, yang membuat seseorang mengalami kehilangan berat badan, karena pengurangan cairan. 

Namun, yang perlu Anda waspadai adalah efek samping masalah pencernaan ini sifatnya sementara dan akan hilang dalam beberapa minggu. Jika Anda kehilangan berat badan dengan bantuan obat metformin, maka besar kemungkinannya Anda terus mengalami penurunan berat badan setelahnya. Artinya, Anda akan sulit mencapai berat badan yang sehat dan ideal.

Selain itu, berat badan Anda mungkin hanya akan turun pada saat minum obat metformin saja. Artinya, jika Anda berhenti mengonsumsi obat ini, kemungkinan besar Anda akan kembali pada berat badan semula, sehingga dapat membuat Anda ketergantungan.

Apakah obat metformin efektif untuk penurunan berat badan?

Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Sebab, telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan penurunan berat badan dengan obat metformin dalam jangka panjang tidak terlalu signifikan hasilnya dan tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Artinya, penurunan berat badan yang dihasilkan obat ini tidak membuat perbedaan yang cukup besar untuk Anda yang memiliki kelebihan berat badan dan perlu menurunkannya 30 pon atau lebih, misalnya.

Bila dipertimbangkan lebih mendalam lagi, dapat Anda lihat bahwa lebih baik menurunkan berat badan dengan penerapan pola makan dan gaya hidup yang sehat dibandingkan dengan obat-obatan, termasuk obat metformin. Selain berat badan turun, tubuh Anda pun akan menerima manfaat kesehatan lainnya, seperti terhindar dari penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa obat metformin adalah obat untuk mengobati atau mencegah risiko terkena diabetes, termasuk pada orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan. Namun, bukan berarti obat metformin bertujuan untuk menurunkan berat badan. Hal yang terbaik adalah menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, yaitu menerapkan pola makan bergizi seimbang, rajin olahraga, cukup tidur dan beristirahat, serta tidak stres.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>