Pentingnya Menetapkan Tujuan Menikah Sebelum Mengucap Akad

Pernikahan adalah ritual sakral yang menyatukan sepasang kekasih. Pernikahan bisa dianggap sebagai tujuan hidup, namun bukan akhir dari perjalanan cinta. Akan selalu ada rintangan dalam sebuah hubungan.

Pesta meriah tidak bisa dijadikan jaminan pernikahan Anda akan berlangsung selamanya. Untuk memperkuat tali pernikahan, pasangan yang berencana menikah disarankan bertukar pikiran mengenai visi dan misi pernikahan. Dengan begitu Anda bisa menyamakan tujuan pernikahan dan berkompromi pada pasangan terhadap perbedaan yang ditemui.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya menetapkan tujuan menikah sebelum mengikat janji suci.

  • Menunjukkan bahwa pernikahan adalah prioritas bersama

Sebelum memutuskan menikah, masing-masing individu pasti memiliki tujuan pribadi. Menetapkan tujuan berarti Anda berinvestasi di dalamnya untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Ketika memutuskan menikah, maka hidup tidak hanya tentang Anda, namun juga pasangan Anda. Maka tujuan pernikahan diciptakan untuk meningkatkan kebahagiaan bersama, dan menunjukkan bahwa pasangan adalah prioritas Anda. Bisa dikatakan pernikahan adalah investasi jangka panjang bersama pasangan.

  • Sebagai langkah kesadaran diri

Tujuan pernikahan setiap orang berbeda-beda. Mungkin Anda menemukan hal-hal yang tidak sejalan, begitupula pasangan Anda terhadap Anda.

Melalui diskusi, Anda dan pasangan Anda bisa lebih saling mengenal satu sama lain. Ketika Anda menemukan sifatnya yang sedikit menjengkelkan, Anda bisa menegurnya, mengoreksi, dan menemaninya untuk berubah menjadi lebih baik.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pasangan Anda. Bila pasangan menegur Anda atas sifat yang tidak dia sukai, terimalah dan intropeksi diri lalu carilah jalan keluar bersama-sama.

  • Ruang diskusi harapan dan mimpi yang ingin dicapai bersama-sama

Ketika menetapkan tujuan pernikahan secara bersama-sama, Anda dan pasangan bisa bertukar pikiran mengenai banyak hal. Dengan menetapkan tujuan menikah, Anda bisa melakukan perencanaan jangka pendek dan panjang.

Anda dan pasangan bisa mulai berdiskusi mengenai rencana keuangan, jumlah anak, tempat tinggal, rencana berlibur, hingga menyiapkan masa tua bersama.

Mimpi dan harapan membantu seseorang lebih berkembang. Ketika mencapai kata sepakat, rencana yang telah diatur dapat terlaksana dengan cepat.

  • Kunci kehidupan pernikahan yang sukses dan bahagia

Mengenal lebih dalam dan memahami pribadi pasangan tidak cukup dijadikan sebagai kunci pernikahan yang sukses dan bahagia. Ada hal yang jauh lebih penting dari kepribadian, yaitu mengetahui visi dan misi pernikahan, keuangan, serta pandangannya terhadap segala hal, termasuk isu sosial atau pemilihan presiden.

Dengan mengetahui kesamaan dan perbedaan masing-masing individu, Anda dan pasangan bisa menyiapkan solusi atas kemungkinan yang tidak menyenangkan. Hal ini meminimalisir pertengkaran hebat yang bisa memicu keretakan rumah tangga.

Cara menetapkan tujuan pernikahan

Jika Anda bingung bagaimana menetapkan tujuan pernikahan, Anda bisa mengikuti panduan dibawah ini:

  • Pilihlah waktu dan tempat yang tepat untuk membicarakan pernikahan. Anda bisa memesan kursi di kafe atau restoran yang bisa mendukung suasana hati kalian berdua.
  • Buat daftar topik menarik mengenai pernikahan. Bicarakan ketika Anda kencan dan biarkan pembicaraan mengalir apa adanya.
  • Putuskan tujuan yang paling relevan dengan kondisi kalian berdua di tahun pertama menikah. Tujuan ini bisa berupa tempat tinggal, anak, melanjutkan pendidikan, atau hal lainnya.
  • Dengarkan pendapat pasangan dengan pikiran dan hati terbuka. Dua kepala berarti dua pikiran dan pendapat yang berbeda. Terimalah perbedaan tersebut dan jadikan sebagai kekuatan untuk meningkatkan hubungan dan kualitas pernikahan Anda nantinya.
  • Catat tujuan pernikahan yang telah ditetapkan bersama-sama. Menulis tujuan meningkatkan kemungkinan Anda dan pasangan mematuhinya dan mencapainya dengan mudah. Sederhananya, agar salah satu dari kalian tidak lupa akan tujuan kalian menikah.

Hingga saat ini masih ada beberapa orang yang menyepelekan tujuan menikah dan membiarkan kehidupan mereka berjalan dengan semestinya. Padahal ada banyak manfaat dari menetapkan tujuan sebelum menikah.

Dengan alasan di atas, semoga Anda menyadari pentingnya menetapkan tujuan pernikahan untuk membentuk kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>