Pedoman Diet Setelah Menjalani Gastrektomi

Gastrektomi merupakan salah satu tindakan medis dengan mengangkat seluruh atau sebagian lambung Anda. Umumnya, seseorang melakukan gastrektomi untuk mengatasi kanker lambung yang dimilikinya. Namun, pada orang yang obesitas berat, mengalami poliferasi dan polip pada dinding lambung, serta kanker esofagus juga dapat diberikan tindakan bedah gastrektomi. 

Setelah Anda melakukan tindakan gastrektomi, akan ada perubahan pada cara makan dan proses mencerna di dalam tubuh. Bagian perut Anda jadi lebih kecil setelah bagian lambung diangkat, sehingga lebih cepat merasa kenyang. Selain itu, katup yang mengontrol pergerakan makanan dari lambung ke usus juga mungkin telah diangkat, sehingga berisiko mencerna makanan terlalu cepat tanpa menyerap nutrisi sebaik sebelum Anda dioperasi.

Panduan diet sehat pasca gastrektomi

Pasca gastrektomi, tentunya area perut Anda tidak lagi dapat menampung makanan sebanyak sebelum Anda dioperasi. Hal yang paling berubah adalah frekuensi makan Anda, seperti yang awalnya makan tiga kali sehari, berubah menjadi enam kali sehari, dengan porsi kecil.

Berikut panduan makan sehat pasca gastrektomi.

  1. Makan dengan frekuensi sering dan porsi kecil.
  2. Kunyah makanan dengan baik, agar mudah dicerna oleh saluran pencernaan.
  3. Makanlah secara perlahan-lahan, sehingga tidak terlalu kenyang.
  4. Duduk tegak saat makan, setidaknya selama 2 jam sebelum Anda tidur.
  5. Jangan lewatkan sumber protein setiap kali makan, diantaranya telur, daging, ikan, unggas, kacang-kacangan, keju cottage, susu, yogurt, keju, selai kacang, dan tahu.
  6. Hindari dulu mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti kacang-kacangan, lentil, dan biji-bijian yang membuat cepat kenyang. Mulai konsumsi sedikit demi sedikit untuk menyesuaikannya dengan pencernaan Anda pasca gastrektomi.
  7. Hindari mengonsumsi makanan pedas.
  8. Hindari makanan berlemak dan tinggi gula jika menyebabkan ketidaknyamanan.

Adapun panduan minum pasca menjalankan gastrektomi adalah sebagai berikut.

  1. Usahakanlah minum sekitar 8 – 10 gelas cairan setiap hari.
  2. Hindari minuman bersoda atau berkarbonasi jika membuat Anda cepat merasa kenyang.
  3. Minum setidaknya 1 jam sebelum atau setelah makan untuk menghindari terlalu kenyang dan dehidrasi.
  4. Tidak minum air terlalu banyak saat makan, termasuk kuah sayur atau sop. Ini mencegah rasa cepat kenyang karena air yang membuat porsi makanan padat jadi berkurang. Namun, jika kondisi mulut Anda kering atau batuk, maka tidak masalah untuk minum lebih banyak cairan.

Intoleransi makanan pasca gastrektomi

Intoleransi makanan terjadi saat Anda mengalami gejala tidak nyaman atau tidak menyenangkan setelah mengonsumsi suatu makanan atau minuman tertentu. Pasca gastrektomi, mungkin saja Anda akan mengalami intoleransi terhadap beberapa jenis makanan, yang sebelum operasi, Anda tidak ada masalah dengan makanan tersebut. Beberapa jenis makanan yang sering menimbulkan gejala tidak nyaman pasca gastrektomi adalah:

  • Gula.

Gejala yang muncul berupa kram, sakit perut, atau diare yang terjadi dalam waktu 20 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula. Kondisi ini disebut juga dengan dumping syndrome.

  • Lemak.

Sebagian orang dapat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan berlemak pasca gastrektomi. Oleh sebab itu, membatasi asupan makanan berlemak akan lebih baik untuk Anda. Beberapa contoh makanan tinggi lemak, meliputi mentega, margarin, keripik kentang, keripik jagung, gorengan, dan daging berlemak.

  • Susu (intoleransi laktosa).

Laktosa merupakan jenis gula yang ada di dalam susu dan produk olahannya. Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mencerna laktosa setelah menjalani gastrektomi. Gejala intoleransi laktosa, seperti perut bergas, kembung, dan diare yang bisa terjadi 30 menit sampai 2 jam setelah mengonsumsi susu atau produk susu lainnya.

Jika memang sebelumnya Anda tidak memiliki masalah intoleransi makanan di atas, maka cobalah dalam porsi sedikit dulu saat memakannya. Apabila muncul gejala tidak nyaman setelahnya, maka jangan dilanjutkan lagi dan hindari mengonsumsi makanan tersebut.

Catatan

Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menyusun perencanaan menu diet sehat Anda pasca menjalani gastrektomi, terutama sambil menjalani program penurunan berat badan. Jika ingin mengonsumsi suplemen, seperti vitamin B12, kalsium, dan zat besi yang baik untuk pemulihan pasca gastrektomi, maka konsumsilah sesuai dengan saran dan resep dari dokter.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>