Harus Tahu! Khasiat Kandungan Tomat Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal tomat, salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali nutrisi. Meski begitu, tomat sering kali dipandang sebelah mata karena dijadikan penghias makanan saja. Tak hanya itu kandungan tomat pun terdiri dari berbagai macam vitamin, zat mineral, hingga senyawa tumbuhan yang luar biasa.

kandungan tomat

Tak sedikit yang beranggapan dan mengganggap tomat termasuk sayuran. Padahal tomat termasuk dalam kategori buah, karena mengandung biji dan berkembang dari ovarium tanaman berbunga. Namun, tomat pun sering disajikan dan disiapkan sebagai sayuran. Tomat adalah makanan lzat dan bergizi yang membuat tambahan yang baik untuk asupan makanan Anda. Tapi tahukah Anda, jika kandungan tomat bisa menjaga kesehatan organ jantung. Bagaimana bisa?

  1. Manfaat Kandungan Tomat Bagi Kesehatan

Tomat menawarkan banyak sekali manfaat kesehatan terkait dengan kandungan fitonutrien, adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tumbuhan termasuk sayuran dan buah-buahan. Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus mengonsumsi tomat dalam saupan sehari-hari.

  • Melindungi Kesehatan Jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen yang terdapat pada warna merahnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tomat memiliki manfaat yang lebih efektif daripada mengonsumsi suplemen likopen. Likopen yang terdapat dalam kandungan tomat bekerja secara sinergis dengan vitamin antioksidan lain, seperti vitamin A, E dan C.

Selain itu, kandungan likopen dalam tomat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), stroke dan plak arteri. Semakin banyak bukti bahwa kandungan tomat memiliki banyak sekali manfaat lainnya, seperti kalium, yang terkenal dapat menurunkan tekanan darah.  Jika Anda mengonsumsi tomat secara rutin dapat melawan peradangan serta perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan mengurangi risiko pembekuan darah.

  • Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali dan daat menyebar di luar batas normal mereka ke seluruuh tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara mengonsumsi tomat dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat, paru-paru, ovarium serta perut. Sementara kandungan likopen yang tinggi diyakini dapat pula mengurangi risiko terkena kanker.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa kombinasi antara pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu pun dapat mendorong produksi kolagen, yaitu sebuah molekul yang memberikan struktur pada kulit dan membuatnya tetap kencang serta awet muda. Para ilmuwan percaya bahwa likopen pada kandungan tomat adalah kunci terbaik dari sebuah kesehatan.

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain baik bagi jantung dan tubuh lainnya, likopen dalam tomat pun sangat baik bagi mata Anda. Kandunngan nutrisi lain dalam tomat adalah lutein dan beta karoten, yang berguna bagi pengelihatan serta melindungi mata dari berbagai masalah mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

  • Membantu Penderita Diabetes

Hal bermanfaat lainnya pada tomat adalah dapat menjadi pengontrol bagi penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian penderita diabetes yang mengonsumsi tomat yangtelah dimasak selama kurang lebih 30 hari akan mengalamai penurunan peroksidasi lipid.

Selain memiliki banyak sekali manfaat serta kandungan tomat yang sangat baik bagi tubuh, tomat pun dapat membuat seseorang alergi. Meskipun jarang sekali orang yang memiliki alergi tomat. Pada seseorang yang alergi tomat akan merasakan reaksi, seperti gatal di mulut, tenggorokan gatal, hingga adanya pembengkakan mulut atau tenggorokan. Jadi, pastikan terlebih dahulu jika Anda tidak memiliki alergi tersebut sebelum mengonsumsinya.

Jadi, tomat dapat dikonsumsi tanpa diolah sekali pun. Tetapi, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dimakan segar, atau sebagai olahan saus tomat, pasta hingga jus. Tambahan tomat pada omeled atau pun salad tidak akanmengurangi kandungan tomat yang kaya akan gizi. Kalau Anda, lebih suka mengonsumsi tomat dengan cara apa? 

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>