Cara Merawat Gupi, Si Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Ikan gupi perak populer sebagai ikan pemakan jentik nyamuk

Jentik nyamuk merupakan cikal bakal dari beragam masalah. Jika si jentik itu berada di sekitar rumah, bukan tak mungkin jika kelak mereka bakal membahayakan si tuan rumah. Oleh karenanya, banyak orang melakukan beragam cara membasmi jentik nyamuk, termasuk dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

Ikan, utamanya yang hidup di air tawar, cukup ampuh jika diandalkan sebagai pembasmi jentik nyamuk. Karena pada hakikatnya, calon-calon nyamuk itu merupakan makanan alaminya. Seperti kita ketahui bersama, ada banyak jenis ikan pemakan jentik nyamuk, salah satu yang paling populer adalah ikan cupang. Namun, ternyata ikan gupi atau guppy juga merupakan pemakan jentik nyamuk yang baik, lho.

Ukurannya yang kecil membuat gupi dapat menjangkau larva nyamuk di sudut atau tempat penampungan air yang, mungkin, tidak dapat dijangkau oleh ikan yang berukuran lebih besar.

Meski ukurannya kecil, tetapi hal itu tak mengurangi performanya dalam membasmi jentik nyamuk. Pasalnya, gupi termasuk ikan yang rakus dan bisa makan larva nyamuk hingga seberat badannya sendiri. Berdasarkan penelitian, ikan gupi bisa memakan jentik nyamuk hingga 100-500 ekor per hari sehingga sangat cocok dijadikan ikan pembasmi jentik nyamuk.

Di Indonesia, ada dua jenis ikan yang disebut sebagai ikan gupi, yakni gupi warna-warni (Poecilla reticulata) dan gupi perak (Gambusia affinis) atau disebut juga ikan alien alias ikan nyamuk. Gupi nyamuk lebih efektif dalam memangsa larva nyamuk.

Sama halnya dengan ikan “liar” pada umumnya, gupi termasuk ke dalam jenis yang tahan banting. Artinya, tanpa perawatan berarti pun, ia akan dapat bertahan, di medan dan ekosistem yang berat sekalipun. Namun, jika kita sengaja memeliharanya sebagai ikan hias sekaligus ikan pembasmi jentik nyamuk, tak ada salahnya juga, lho, untuk memberikan perawatan yang layak kepadanya. 

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin dapat diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk memelihara ikan gupi di rumah:

  • Perhatikan Wadah atau Tempat Tinggalnya

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam merawat ikan gupi adalah memastikan suhu air tempatnya tinggal tetap terjaga. Suhu air dalam kolam, wadah khusus, atau akuarium yang menampung ikan pemakan jentik yang rakus ini usahakan tetap di angka 27 derajat celcius. Suhu air ini nantinya bisa membuat nyaman ikan-ikan gupi ini dan berbanding jurus dengan potensi hidup mereka.

  • Buat Ekosistem yang Baik

Jangan lupa untuk menyediakan tanaman air, seperti eceng gondok atau sejenisnya, ketika Anda akan memulai memelihara ikan gupi. Pemberian tanaman air membuat ekosistem di wadah itu baik untuk ikan gupi Anda. Pasalnya, tanaman air itu berfungsi sebagai tempat berlindung untuk ikan pemakan jentik nyamuk yang lucu ini.

  • Jangan Satukan dengan Ikan Predator

Ikan gupi merupakan ikan yang sensitif, apalagi jika ikan gupi masih anakan. Dengan menggabungkan ikan predator atau ikan yang bersifat agresif ke dalam kolam yang dihuni gupi, sama saja dengan “membunuhnya” secara perlahan.

Karena hal ini akan mengganggu ikan gupi dan biasanya akan mengakibatkan ikan menjadi stres dan bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kematian. Belum lagi dengan potensi konflik langsung antara gupi dengan ikan predator tersebut, sehingga risiko ikan predator itu memangsa gupi semakin besar.

Kira-kira itulah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika mulai memelihara gupi, si ikan pemakan jentik nyamuk yang rakus. Ketika ikan peliharaan Anda tumbuh dan berkembang dengan baik, bukan tidak mungkin risiko kesehatan yang terdapat di tiap jentik nyamuk akan menghilang sejurus dengan lestarinya ikan-ikan hias nan cantik itu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>