Cara Membuat Pasta Gigi Apakah Efektif dan Aman?

cara membuat pasta gigi di rumah secara mudah

Menjaga agar gigi tetap bersih dan tampak cemerlang merupakan hal yang penting serta merupakan bagian dari kesehatan mulut. Mengingat banyak produk-produk perawatan mulut saat ini menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, mungkin Anda ingin tahu cara membuat pasta gigi alami sendiri di rumah. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mewujudkan ide untuk membuat pasta gigi rumahan sendiri. Pasta gigi buatan sendiri tidak mengandung bahan-bahan tertentu, seperti fluoride, yang dapat membantu Anda mengurangi gigi berlubang dan mengatasi kondisi gangguan mulut lainnya. 

Ada banyak cara alami dalam menjaga kesehatan mulut yang baik. Namun, hanya ada sedikit penelitian yang benar-benar menyarankan untuk Anda tahu cara membuat pasta gigi di rumah dan melakukannya, dibandingkan dengan memakai pasta gigi yang tersedia di pasaran saat ini. Seorang dokter gigi di Dallas, Texas, bernama Dr. Mirsepasi memperingatkan penggunaan pasta gigi alami tersebut. Menurutnya, penggunaan pasta gigi alami sedang sangat populer saat ini. Namun, meskipun bahan-bahan yang terkandung di pasta gigi buatan rumah alami, bukan berarti pasta gigi tersebut aman untuk gigi dan mulut. 

Manfaat dan kekurangan pasta gigi buatan sendiri

Banyak orang mengetahui cara membuat pasta gigi di rumah dan mempraktikannya karena beberapa alasan, seperti Anda dapat mengatur bahan-bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam pasta gigi, mengurangi penggunaan bungkus plastik, menyesuaikan tekstur dan rasa, serta relatif lebih hemat. Namun, membuat pasta gigi alami juga memiliki kekurangannya sendiri, yaitu:

  • Anda harus membeli sendiri perlengkapannya

Untuk mempraktikkan cara membuat pasta gigi sendiri, Anda harus mengumpulkan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti wadah, alat pengukur, dan bahan-bahan tertentu yang dibutuhkan. 

  • Beberapa resep online mengandung bahan yang berbahaya

Berhati-hatilah dalam mencari cara membuat pasta gigi secara online, meskipun resep tersebut mengandung bahan-bahan yang terlihat tidak berbahaya. Hindari penggunaan hydrogen peroxide atau cuka di pasta gigi alami. Bahan-bahan tersebut dapat mengikis enamel gigi, menyebabkan gigi menjadi kuning dan mengganggu kesehatan gusi. 

  • Pasta gigi buatan sendiri tidak mengandung fluoride

Penting untuk diingat bahwa pasta gigi buatan Anda tidak akan mengandung fluoride. Fluoride sudah terbukti merupakan bahan paling efektif di pasta gigi dalam mencegah gigi berlubang. Lembaga Gigi Amerika hanya mendukung penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride dan dianggap aman untuk digunakan. Fluoride dapat membantu kesehatan gigi dengan cara memperkuat enamel dan membuatnya lebih resisten terhadap kerusakan gigi. 

Resep pasta gigi untuk dicoba

Soda api merupakan salah satu bahan yang banyak ditemukan di pasta gigi. Menurut Jurnal Lembaga Gigi Amerika, soda api memiliki sifat aman untuk digunakan, dapat membunuh bakteri, abrasive yang lembut, dan dapat bekerja dengan baik bersama fluoride (pada pasta gigi komersil). Namun, penting untuk diingat bahwa menggunakan terlalu banyak soda api dapat mengikis lapisan atas enamel Anda, yang mana tidak akan tumbuh kembali. Anda juga perlu tahu bahwa soda api merupakan produk berbasis garam, terutama apabila Anda harus menjaga asupan garam. Untuk menggunakan soda api sebagai salah satu cara membuat pasta gigi, Anda hanya perlu menambahkan 1 sendok teh soda api dan mencampurnya dengan sedikit air. Anda mungkin ingin menambahkan perasa tambahan pada pasta gigi buatan Anda dengan menggunakan minyak esensial seperti peppermint. Namun, penelitian tambahan dibutuhkan untuk mendukung penggunaan minyak esensial sebagai salah satu bentuk perawatan kondisi kesehatan mulut. Jangan pernah menelan soda api dan minyak esensial.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>