Apa Saja Manfaat Buah Durian?

Manfaat buah durian yang kaya akan antioksidan/

Ada banyak buah yang bisa manusia konsumsi untuk menjaga kesehatan. Salah satunya termasuk durian. Durian merupakan salah satu buah eksotis yang telah dikonsumsi oleh banyak orang di Asia Tenggara. Manfaat buah durian beragam dan dapat membantu kesehatan manusia.

Walaupun terdapat bau yang menyengat, banyak orang justru mengkonsumsi buah yang memiliki seluruh bagian yang tajam ini karena dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Mungkin juga bagi sebagian orang tidak merasa nyaman ketika mengkonsumsi buah durian karena rasanya yang kurang enak untuk disantap. Walaupun demikian, manfaat buah durian dapat memberikan pengaruh yang baik pada manusia.

Manfaat Buah Durian

Jika Anda ingin mencoba buah durian, Anda dapat mencobanya karena manfaat buah durian yang diperoleh adalah sebagai berikut:

1. Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat
Salah satu manfaat yang diperoleh adalah memberikan nutrisi bagi tubuh. Buah durian terdapat kandungan serat yang mampu mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis (infeksi pada kantongan pada saluran pencernaan). Tidak hanya serat, buah durian juga terdapat kandungan protein yang tinggi berupa vitamin B6, vitamin C, potasium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.

2. Kaya antioksidan
Manfaat lain yang diperoleh buah durian adalah kaya antioksidan. Buah durian mengandung vitamin E dan beta karoten untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah durian juga mengandung potasium yang mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

3. Menjaga kadar gula darah
Buah durian juga mampu menjaga kadar gula darah meskipun memiliki rasa manis ketika dikonsumsi. Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, buah durian baik untuk dikonsumsi. Jika suatu makanan menunjukkan indeks glikemik yang rendah, artinya makanan tersebut memiliki kadar gula rendah.

4. Mencegah infeksi bakteri
Buah durian terdapat kulit yang mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik, dan tanin. Senyawa-senyawa tersebut berperan dalam melawan bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat pada kulit.

5. Mengurangi risiko kanker
Buah durian memiliki senyawa antioksidan yang mampu mencegah penyakit radikal bebas berupa kanker.

Efek Samping

Walaupun buah durian memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh, Anda juga perlu pahami bahwa seperti buah lain, durian memiliki efek samping jika dikonsumsi. Anda sebaiknya jangan konsumsi buah durian secara berlebihan karena efek samping yang timbul berupa sakit perut, perut mengeluarkan gas, diare, memberikan reaksi alergi, bahkan muntah-muntah. Anda juga akan mengalami sesak nafas jika Anda memakan biji buah durian.

Selain gejala di atas, Anda juga perlu pahami bahwa Anda sebaiknya jangan konsumsi buah durian dengan minuman beralkohol karena senyawa sulfur yang ada pada buah durian dapat menghambat kinerja enzim tertentu dalam tubuh yang kerjanya memproses alkohol.

Jika kadar alkohol di dalam tubuh meningkat, Anda bisa mengalami mual hingga muntah, serta detak jantung yang bergerak secara tidak teratur.

Jika Anda ingin mencoba buah durian, Anda sangat dianjurkan untuk konsumsi buah berduri tersebut. Manfaat buah durian yang diperoleh dapat membantu menjaga kondisi tubuh. Namun, Anda sebaiknya jangan konsumsi buah berduri ini secara berlebihan karena efek samping yang disebutkan di atas memungkinkan terjadi.

Manfaat buah durian baik untuk tubuh manusia, namun jika Anda merasa tidak yakin untuk mengkonsumsi buah durian, Anda dapat menanyakan masalah ini dengan dokter jika Anda mengalami kondisi medis tertentu seperti penyakit diabetes, untuk mengetahui apakah aman untuk konsumsi buah durian atau tidak.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>