Apa Saja Buah Penurun Kolesterol Yang Bisa Dikonsumsi?

Setiap orang perlu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat, termasuk buah dan sayuran. Makanan-makanan yang sehat dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada tubuh, termasuk kolesterol. Manusia juga dapat mengkonsumsi buah penurun kolesterol untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Kolesterol bisa terjadi jika manusia mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Contoh makanan yang mengandung kolesterol yang sebaiknya dihindari adalah makanan cepat saji dan gorengan. Untuk mengetahui jika manusia memiliki kadar kolesterol tinggi atau tidak, mereka dapat melakukan tes darah.

Jenis Kolesterol

Ada dua jenis kolesterol yang perlu diperhatikan. Dua jenis kolesterol adalah sebagai berikut:

  • Kolesterol LDL atau lipoprotein densitas rendah, merupakan kolesterol jahat yang disebabkan oleh makanan yang mengandung kolesterol yang dikonsumsi secara berlebihan sehingga kolesterol menempel di dinding arteri manusia.
  • Kolesterol HDL atau lipoprotein densitas tinggi, merupakan kolesterol baik yang kegunaannya untuk menghilangkan kolesterol buruk dari pembuluh darah manusia.

Buah Penurun Kolesterol

Manusia sebaiknya konsumsi buah setiap hari karena tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, namun juga untuk mencegah penyakit berbahaya atau mematikan seperti kanker. Buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi adalah sebagai berikut:

  1. Alpukat

Alpukat dapat manusia konsumsi karena termasuk makanan yang kaya akan nutrisi. Manusia dapat mengkonsumsi buah alpukat setiap hari untuk mencegah kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

  • Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang dapat mencegah kolesterol jahat karena mengandung vitamin C dan fitosterol. Jeruk juga memiliki kandungan lemak yang sama seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

  • Apel

Apel adalah salah satu buah yang dapat dikonsumsi karena tidak hanya juga dapat menurunkan kolesterol. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa apel terdapat kandungan antioksidan berupa polifenol untuk mencegah kolesterol jahat.

  • Anggur

Anggur juga bisa menjadi pilihan buah untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh, karena anggur mengandung pterostilbene dan trigliserida. Kinerja yang ada pada anggur sama seperti obat penurun kolesterol.

  • Buah beri

Manusia juga dapat mengkonsumsi buah-buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Buah-buah beri juga memiliki serat tinggi untuk mencegah produksi kolesterol.

Cara Lain Untuk Menurunkan Kolesterol

Walaupun Anda sibuk dengan aktivitas sehari-hari, Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk memakan makanan yang mengandung kolesterol baik. Anda juga perlu kurangi penggunaan makanan yang mengandung gula, garam, sodium, dan lemak tinggi untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya.

Selain buah penurun kolesterol, Anda juga dapat mencegah kolesterol jahat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sebagai berikut:

  • Sayuran seperti bayam dan wortel.
  • Gandum seperti oats, quinoa, dan barley.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Makanan yang mengandung omega-3 seperti salmon dan tuna.
  • Susu yang mengandung lemak rendah.
  • Minyak untuk meningkatkan kolesterol baik seperti canola dan minyak zaitun.

Selain membedakan antara mana yang sebaiknya dikonsumsi dan perlu dihindari, Anda juga perlu terapkan cara sebagai berikut:

  • Diet

Cara yang lebih efektif untuk menurunkan kolesterol adalah dengan diet. Anda hanya perlu makan secukupnya, namun yang bergizi.

  • Berolahraga

Menjalani pola hidup yang sehat tentu melibatkan olahraga. Tidak perlu yang berat untuk membentuk badan yang ideal, Anda setidaknya hanya perlu melakukan aktivitas ringan seperti jogging.

  • Hindari kebiasaan buruk

Anda juga perlu hindari kebiasaan buruk seperti merokok, karena juga dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan dapat memicu risiko penyakit kanker dan jantung.

Itulah buah penurun kolesterol yang bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga perlu menjaga pola makan yang teratur dan berolahraga supaya Anda tetap hidup sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>