Alasan Mengapa Film Sedih Baik Untuk Anda

Pernahkah Anda menangis ketika menonton film sedih? Berbagai adegan film terkadang membuat kita sontak bersedih dan mengeluarkan air mata. Selain itu, film sedih terkadang membuat kita merasakan kesedihan yang juga mendalam.

Meskipun film sedih cukup efektif membuat Anda bersedih bahkan sampai menangis, ternyata film sedih memiliki efek positif pada pikiran kita. Film-film ini tidak hanya mempromosikan empati, tetapi juga membuat Anda lebih toleran terhadap rasa sakit dan juga bisa menghasilkan perasaan bahagia dan puas dengan kehidupan.

Berikut beberapa manfaat dan alasan mengapa film sedih baik untuk kesehatan mental:

  • Membuat Anda lebih bahagia

Peneliti di Universitas Oxford menemukan bahwa, rata-rata, orang yang menonton film paling menyedihkan menunjukkan perubahan yang luar biasa dalam suasana hati mereka. Selain itu, toleransi pada rasa sakit meningkat 13,1%, hal ini menunjukkan bahwa ketika Anda menonton film-film sedih, Anda mampu menahan rasa sakit yang lebih kuat.

Kuncinya terletak pada kenyataan bahwa tragedi memicu produksi endorfin. Film-film sedih menyebabkan peningkatan produksi endorfin di otak Anda, yang membantu menahan rasa sakit dengan lebih baik. Selain itu, endorfin juga membuat Anda merasa lebih baik, membantu Anda menghilangkan stres dan meningkatkan ketenangan dan kebahagiaan.

  • Membuat Anda merasa lebih baik

Ketika menonton film sedih, kebanyakan orang merasa jauh lebih bahagia dan puas dengan hidup mereka. Di luar efek biokimia, faktanya adalah film sedih menyebabkan gempa emosional yang nyata yang membuat Anda memberi nilai lebih pada kehidupan Anda dan semua yang Anda miliki.

Film-film ini menyuntikkan kenyataan di dalam diri Anda yang membuat Anda menjadi benar-benar bersyukur. Oleh karena itu, merupakan alasan yang bagus untuk menonton film sedih dari waktu ke waktu, terapi yang, seperti musik sedih, dapat membuat Anda merasa lebih baik.

  • Membantu Anda mengurangi trauma, masalah dan kesulitan lainnya

Film sedih memungkinkan Anda menghadapi perasaan yang sangat nyata dan sangat sedih di lingkungan yang aman dan terlindungi. Film sedih memungkinkan Anda untuk menghadapi masalah nyata dengan mengalami ‘kenyataan’ pada jarak yang aman di layar, karena respons emosional Anda terasa nyata.

Dengan kata lain, film-film sedih menawarkan perspektif luar, yang dapat membantu memerangi trauma, masalah, dan kesulitan yang belum terselesaikan. Strategi koping karakter bisa sangat membantu dan mendorong kekuatan batin Anda. Film sedih terkenal karena memproduksi bahan kimia stres di tubuh. Catharsis adalah penangkal zat kimia ini. Dengan pelepasan emosional, Anda membersihkan perasaan yang terkubur dan kesadaran Anda akan meningkat.

Meskipun film sedih membuat Anda bersedih dan mengeluarkan air mata, ternyata film tersebut dapat membantu kesehatan mental Anda. Selain itu, hubungan emosional yang dipicu dari tragedi memungkinkan Anda untuk menghargai hubungan dekat dalam kehidupan Anda sendiri.

Jadi, jika lain kali Anda ingin menangis, pilihlah film sedih pilihan Anda.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>