7 Makanan Sehat Terburuk untuk Dikonsumsi Sehari-hari

Tidak semua makanan yang mendapat label sehat benar-benar baik jika terus dikonsumsi dalam jangka panjang. Sebelum memilih untuk mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya Anda terlebih dahulu mencari tahu kandungan nutrisinya. Bila perlu konsultasikan pada ahli gizi apakah makanan tersebut baik jika dikonsumsi terus-menerus. Berikut ini tujuh makanan sehat yang ternyata buruk bagi tubuh Anda dalam jangka panjang,

  1. Kacang Panggang

Kacang memang memiliki kandungan serat tinggi dan merupakan sumber protein nabati. Namun, tahukah Anda jika kacang panggang terutama jenis kalengan dalam semua rasa merupakan makanan sehat terburuk bagi tubuh. Dalam satu kaleng kacang panggang mengandung kadar natrium, gula, dan aditif sangat tinggi.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Contohnya, bisa merusak peredaran darah dan mempercepat penuaan dini.

  • Microwave Popcorn

Camilan satu ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai varian rasa. Banyak yang berpikir jika popcorn merupakan makanan sehat karena terbuat dari jagung. Namun sebenarnya camilan berbumbu ini memiliki tingkat sodium tinggi dan diasetil kimia.

Beberapa pakar kesehatan mengatakan agar membuat popcorn dengan cara yang baik dan mengatur takaran bumbunya.

  • Granola

Granola terbuat dari gandum, kacang-kacangan, dan buah-buah kering. Kelihatannya makanan ini termasuk makanan sehat yang juga mudah dibuat. Akan tetapi, granola merupakan makanan sehat terburuk jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang. Granola mengandung banyak gula dan kalori ekstra.

Semangkuk granola mengandung sekitar 500 kalori atau bahkan lebih tanpa susu. Bayangkan saja jika Anda menambahkan susu, sudah berapa kalori yang Anda konsumsi dari porsi tersebut.

  • Ayam Bungkus

Sekitar 10 tahun lalu semua makanan yang dibungkus identik dengan makanan sehat. Namun ternyata ayam bungkus juga merupakan makanan sehat terburuk yang mengandung banyak kalori tinggi. Belum lagi jika Anda menambahkan saus.

  • Biskuit Protein

Mungkin banyak orang yang menganggap jika biskuit protein merupakan camilan sehat yang bagus bagi kesehatan. Namun, kebanyakan biskuit protein mengandung bahan dan pengisi buatan. Dapat dikatakan, dalam satu batang biskuit tersebut mengandung lebih dari 200 kalori dan 8 gram gula. Jika seperti itu, Anda seperti sedang mengonsumsi permen dengan tambahan protein.

  • Salad Cepat Saji

Salad bisa menjadi makanan sehat atau makanan sehat terburuk, apalagi salad yang dijual di restoran cepat saji. Sebelum memilih mengonsumsi salad, sebaiknya Anda memperhitungkan terlebih dahulu kandungan kalorinya. Jangan lupa juga memeriksa kandungan nutrisi pada topping salad seperti crouton, kacang, dan salad dressing. Ekstra topping pada salad bisa jadi justru mengubah salad sehat menjadi bom kalori.

  • Sushi

Kebanyakan orang menganggap sushi adalah makanan rendah kalori. Namun, tahukah Anda jika sushi merupakan satu di antara banyaknya makanan sehat terburuk. Meskipun makanan tersebut terbungkus nori, tapi perhatikan juga kandungan kalori pada mayones, krim keju, dan bahan lainnya yang digoreng.

Selain itu mengonsumsi ikan mentah juga berpotensi mengakibatkan masuknya cacing ke dalam tubuh. Cacing tersebut dapat memengaruhi saluran pencernaan, lambung,  kerongkongan, atau usus.

  • Margarin

Margarin dianggap lebih sehat dibandingkan mentega karena mengandung sedikit lemak. Namun nyatanya, margarin juga termasuk satu di antara makanan sehat terburuk yang tidak baik bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa saja.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>