4 Sikap Dasar yang Perlu Diajarkan kepada Anak Sejak Dini

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang sopan santun dan beretika. Untuk mencapainya, orangtua harus berusaha untuk mendidik anak sejak dini dan secara tepat. Oleh karena itu, catat 4 sikap dasar yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang sopan santun dan beretika.

  1. Etika Meja Makan

Target Usia: Pada usia 3 tahun, anak sudah bisa duduk tertib dan makan dengan sendok dan garpu selama 15-20 menit. Jika mulut kotor, anak bisa menyeka mulut dengan tisu atau lap.

Apa yang harus Anda lakukan?

Sejak usia balita, terapkan cara mengajarkan anak sopan santun di meja makan, antara lain:

  • Tawarkan makanan anak dalam piring khusus
  • Dorong anak untuk menggunakan sendok/garpu
  • Larang anak untuk membuang makanan
  • Jika ingin menolak makanan, ajarkan untuk mengucapkan “tidak, terima kasih”
  • Jika selesai, ajarkan untuk membersihkan meja bersama-sama
  1. “Tolong” dan “Terima Kasih”

Target Usia: Bayi berusia 18 tahun mungkin sudah bisa mengucapkan kata “tolong” atau “terima kasih”, walaupun belum jelas dan tidak sepenuhnya mengerti maknanya. Pada usia 2,5 tahun, anak akan sudah mulai bisa mengerti konsep meminta bantuan dengan sopan dan mengucapkan terima kasih pada tempatnya.

Apa yang harus Anda lakukan?

Tidak ada yang namanya “terlalu dini” untuk memulai kebiasaan baik ini. Ingat kalau anak selalu memperhatikan gerak-gerik Anda, bukan? Sejak anak masih bayi, biasakan mengucapkan “tolong” dan “terima kasih” baik saat interaksi dengan bayi, sesama anggota keluarga, atau anggota masyarakat.

Jika anak belum juga memulai etika ini, dorong dengan mengingatkannya misalnya “Ayo bilang apa saat kita dibantu?” dan semacamnya.

  1. Berbagi

Target Usia: Pada sekitar usia 2 tahun, anak sudah akan mulai mengerti konsep berbagi dan menunggu giliran, walaupun dia mungkin tidak mau melakukannya sama sekali.

Apa yang harus Anda lakukan?

Banyak cara yang bisa dilakukan, namun orangtua dianjurkan untuk mempraktekkannya secara jelas di depan anak. Coba tips berikut ini untuk cara mengajarkan anak salah satu sikap dasar ini:

  • Membaca buku cerita dengan topik berbagi
  • Mulai mengajarkan konsep berbagi dan giliran sejak masih bayi, misalnya dengan teman, saudara, atau orangtua.
  • Memuji saat si kecil mau berbagi atau menunggu giliran dengan tertib
  • Jangan sering memberi label “milikmu” atau “milikku” untuk menghindari kelekatan.
  1. Meminta Maaf

Target Usia: Walaupun bayi berusia 18 bulan sudah mulai mengerti pemahaman dasar tentang empati, namun anak belum bisa mengerti mengapa dia harus meminta maaf. Pada usia 2,5-3 tahun, anak baru mulai akan memahami konsep minta maaf – tetapi bisa saja belum termotivasi, dihalangi ego, dan alasan lainnya, sehingga ia tidak melakukannya.

Apa yang harus Anda lakukan?

“Tularkan” empati kepada anak sejak dini sebagai panutan langsung, berikan pemahaman tentang pentingnya melihat situasi dari sudut pandang yang tidak egois, meredam emosi, dan peka terhadap keadaan sekitar.

Nah, mudah bukan cara mengajarkan anak sopan santun sejak dini. Walaupun terlihat sepele, namun bisa berdampak positif secara jangka panjang bagi si buah hati. Selamat mencoba!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>